Thursday, February 07, 2008

Tornado Renggut 45 Jiwa di AS

Nashville, Tennessee, AS
Tornado dan hujan angin disertai kilat di seluruh kawasan AS selatan, Selasa dan Rabu, telah menewaskan sedikitnya 54 orang dan mencederai 150 lainnya.
Di Sumner County, Tennessee, tornado menghisap bayi berusia 11 bulan serta ibunya dari rumah mereka. Keduanya kemudian ditemukan di suatu ladang dengan si bayi baik-baik saja, namun sang ibu sudah tak bernyawa.

Gubernur Tennessee, Phil Bredesen, mengatakan kaget dengan intensitas dan cakupan badai yang "benar-benar sampai ke permukaan tanah dan melanda wilayah yang luas".
Di Rumah sakit Vanderbilt di Nashville, Ferina Ferrington kepada wartawan televisi setempat mengatakan "suamiku dan saya masuk ke bak berendam bersama anak perempuan kami. Saya ingat waktu terbang di udara. Sangat menakutkan. Lalu benar-benar sunyi dan terlihat rumah sudah tidak ada. Bayi kami baik-baik saja."
Di Arkansas terdapat hampir 500 rumah dan kantor yang hancur atau rusak parah.

Johnny Martin, (65), mengatakan keluarganya berkumpul di kamar mandi saat terjadi angin ribut di rumahnya di Atkins, arah utara dari Little Rock.

"Tadinya saya berdiri di pintu depan, lalu terdengarlah...." kata Martin yang rumahnya tertimpa pohon oak. Dia, istrinya, mertua maupun anggota keluarganya selamat.

Tennessee adalah negara bagian yang terparah dilanda tornado dengan jumlah korban 30 tewas, selain itu bencana serupa juga melanda Arkansas, Kentucky, Mississippi and Alabama.

Pusat Prakiraan Badai Nasional di Norman, Oklahoma, menyatakan terdapat laporan yang masih harus dicek tentang 69 tornado di sepanjang negara-negara bagian tersebut.

Topan terparah sebelumnya terjadi pada 1999 dengan korban jiwa 50 orang di Oklahoma, Texas dan beberapa negara bagian lainnya.

Pihak berwenang mengatakan, selain 30 yang tewas di Tennessee, terdapat 13 korban jiwa di Arkansas, tujuh di Kentucky dan empat di Alabama. Di Tennessee saja terdapat 149 orang cedera.

Listrik padam terjadi di mana-mana. Salah satu tornado melanda perusahaan energi Columbia Gulf Transmission di Hartsville, Tennessee, dan memicu kebakaran gas alam, kata polisi.

Gubernur Kentucky, Steve Beshear, kepada CNN menggambarkan bencana di wilayahnya.

"Sebagian ada yang tidak tersisa tapi di tempat lain segala sesuatunya masih berdiri seperti tidak ada kejadian apapun," katanya, sebagaimana dikutip Reuters.

Tornado terakhir dilaporkan terjadi di Jackson County, Alabama, kata badan cuaca setempat.

Di Mississippi tidak ditemukan korban jiwa dan hanya 11 cedera akibat dua tornado yang melanda sebuah kawasan industri. Tornado itu merusak pabrik Caterpillar, dan ladang masyarakat.

Di Jackson, Tennessee, tornado merusak sebagian besar asrama mahasiswa Union University dan melukai lebih dari 50 mahasiswa. | antara.co.id

No comments: