Wednesday, February 20, 2008

Puluhan personel Dalmas unjuk gigi

Salatiga
Puluhan personel pengendalian massa (Dalmas) Polres Salatiga unjuk kebolehan di depan sejumlah perwira menengah (Pamen) dari Polda Jateng dan Polwiltabes Semarang dalam lomba Dalmas yang digelar di Halaman Mapolres Salatiga, Rabu (20/2), mulai pukul 09.00 WIB. Kegiatan tersebut sebagai bagianm dari persiapan personel Dalmas di sejumlah Polres yang ada di Jawa Tengah untuk menghadapi pesta demokrasi Pilgub 2008 dan Pemilu pada 2009 mendatang.

Kapolres Salatiga AKBP Drs Ahmad Haydar MM melalui Kasatsamapta Polres Salatiga AKP Budi Prasetyono, Rabu (20/2) seusai kegiatan itu mengatakan, lomba personel Dalmas ini merupakan instruksi dari Polda Jateng sebagai persiapan personel Dalmas untuk adanya gangguan kemanana atau kerusuhan pada pesta demokrasi yang akan datang. Dari sekitar 70 personel Dalmas Polres Salatiga, hanya sekitar 38 personel yang melakukan unjuk gigi dengan membentuk pola pengandalian masa dalam bentu formasi-formasi.
“Ada banyak formasi yang dimiliki setiap satuan Dalmas di masing-masing Polres. Beberapa formasi itu antara lain, formasi pleton bersap, formasi banjar, formasi pleton tanpa alat dan menggunakan alat dan fromasi-formasi lainnya. setiap formasi itu melibatkan sedikitnya 38 personel Dalmas lengkap dengan atribut Dalmas,” tukasnya.
Dalam perlombaan tersebut dihadiri tim penilai dari Polda sebanyak dua personel, salah satunya berpangkat Pamen, sedangkan dari Polwiltabes Semarang juga hadir satu orang Pamen dan lima orang perwira pertama (Pama). Lomba yang digelar di Polres Salatiga ini, menurut Budi, merupakan lomba Dalmas tingkat Polwiltabes. Dan selanjutnya, bagi personel Dalmas yang lolos dalam penilaian, lanjutnya, akan mengikuti lomba Dalmas tingkat Polda.
Berdasarkan pantauan Espos, Rabu (20/2) puluhan personel Dalmas itu sudah siap siaga sejaka pagi hingga pukul 10.30 WIB. Seusai memperlihatkan kebolehannya, para personel Dalmas tersebut meletakkan atributnya di depan Kantor bagian Bina Mitra. Mereka beramah tamah dan santai sambil menikmati makanan kecil yang sudah disediakan sebelumnya. |espos


No comments: