Tuesday, February 05, 2008

Promosi & Mutasi di Pemkab Semarang

Ungaran
Wakil Bupati (Wabup) Semarang Siti Ambar Fathonah melakukan promosi dam mutasi sebanyak 118 pejabat struktural di lingkungan Pemerintah Kabupaten Semarang, mulai dari pejabat eseloan II hingga V. Promosi dan mutasi tersebut dilakukan untuk mengisi jabatan yang kosong dan penyegaran.


Diantara pejabat yang mengalami promosi salah satunya adalah F Totit Oktoriyanto yang kini menjabat sebagai Kepala Dinas Pekerjaan Umum (DPU) menggantikan Supartono yang telah pensiun. Jabatan Totit sebelumnya adalah Kabid Bina Marga DPU.
Sementara itu R Hendy Juli Indarto yang sebelumnya menjabat sebagai Kabid Pertambangan Dinas Lingkungan Hidup Pertambangan dan Energi kini menjabat sebagai Camat Sumowono. Dilantik pula Nunik Ari Rahayu sebagai Camat Bergas, Arief Budiyanto sebagai Camat Bringin dan Romlah sebagai Camat Tuntang.
Dalam sambutannya Wabup mengutarakan mutasi dan promosi jabatan struktural kali ini telah didasarkan pada standar kompetensi masing-masing pejabat. Ia pun menegaskan bahwa dalam penentuan jabatan tidak ada praktik jual beli jabatan. ”Saya bisa menjamim dalam mutasi kali ini tidak ada yang namanya sogokan atau jual beli jabatan. Penentuan jabatan didasarkan pada kemampuan personel masing-masing,” terangnya.
Ditambahkan Wabup, peningkatan mutu penyelenggaraan pemerintahan dapat dicapai melalui pemberdayaan aparatur negara. Sehingga, jelasnya, penempatan personel dalam suatu jabatan struktural berdasarkan prinsip profesionalisme, sesuai kompetensi dan jenjang kepangkatan merupakan hal yang mutlak.
Terkait dengan pengembangan karir PNS dalam jabatan struktural, Wabup menuturkan hal tersebut dinilai berdasarkan sistem prestasi kerja dan kemampuan individu masing-masing. Dengan demikian, diharapkan para PNS dapat bersikap profesional sesuai kompetensi standar dalam menjalankan tugasnya.
Pelantikan tersebut dilakukan di Pendopo Rumah Dinas Bupati yang dihadiri oleh semua pejabat strutural. Jumlah pejabat yang promosi dan mutasi secara rinci meliputi satu pejabat eselon II dan 32 pejabat eselon III, 78 pejabat eselon IV dan tujuh eselon V.
Dalam kesempatan yang sama, sebanyak 14 orang tenaga guru fungsional yang diberi tugas tambahan sebagai kepala SMA, SMK dan SMP diambil sumpah jabatannya. Diantaranya ke 14 guru tersebut yakni Kepala UPT Dinas Pendidikan SMA Negeri 1 Tengaran, Drs Maikal Soedijarto, Kepala UPT Disdik SMK Negeri 1 Jambu, Jumeri STP MSi dan Kepala UPT SMP Negeri 1 Tuntang, Pirihandono SPd. | espos

No comments: